5 CARA UNTUK MELUANGKAN WAKTU MEMBACA BUKU

Post a Comment
Konten [Tampil]

Membaca adalah sebuah kegiatan yang bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi yang terbiasa membaca. Jadi teringat kapan ya terakhir baca buku. Kalau diingat-ingat sudah lama banget jarang meluangkan waktu untuk membaca buku. Terakhir sih baca buku tentang novel cinta. Dulu waktu masih kuliah kalau gak baca buku berasa ada yang kurang aja. Sekarang malah kebiasaan membaca ini perlahan hilang. Siapa yang merasakan hal yang sama?



Meluangkan waktu untuk membaca buku itu ternyata penting banget sih. Karena, kebiasaan membaca ini memiliki efek yang sangat baik jika jadi kebiasaan. Mengingat kata pepatah “Membaca adalah jendela ilmu”. Benar saja, karena dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui. Sehingga wawasan kita makin bertambah. Untuk itu agar kebiasaan membaca menjadi kebiasaan kembali, aku memiliki beberapa cara nih untuk meluangkan waktu membaca bagi yang selama ini kesulitan menyempatkan waktu membaca disela-sela rutinitas yang begitu sibuk. Disimak ya!

5 Cara Untuk Meluangkan Waktu Membaca Buku Setiap Hari



1. Membaca Saat Pagi atau Malam Hari

Membaca saat pagi atau malam hari merupakan waktu yang tepat sih menurutku. Karena, pada saat ini  kamu memiliki banyak waktu, selain itu pikiran lagi fresh banget. Nah, daripada bangun pagi dan menjelang tidur dimalam hari dihabiskan untuk scrolling sosial media, lebih baik meluangkan waktu buat membaca buku aja nih. Bahkan ada banyak manfaatnya loh ketika membaca buku pada pagi hari dan malam hari. Salah satunya, membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Kamu bisa meluangkan waktu sekitar 15 menit atau 30 menit untuk membaca buku di pagi hari dan malam hari. 

2. Pasang Alarm

Nah, cara selanjutnya agar kamu bisa konsisten untuk meluangkan waktu membaca buku yaitu dengan cara pasang alarm. Dengan memasang alarm ini, maka mudah untuk mengingatkan jadwal kapan kamu harus membaca buku. Cara ini bisa kamu lakukan jika baru saja memulai untuk konsisten membaca buku. Biasanya sih kalau baru memulai maka bisa saja lupa dengan rutinitas ini. Nah, disinilah gunanya pengingat ini, kamu bisa mencoba pasang alarmnya setiap hari ya. Kalau nanti sudah jadi kebiasaan, dijamin sih gak pakai pengingat juga otomatis bakal jadi kebiasaan.

3. Menetapkan Target

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar bisa meluangkan waktu untuk membaca adalah menetapkan target yang jelas untuk membaca buku. Kamu bisa menetapkan target membaca 2 buah buku dalam sebulan ataupun menetapkan target wajib membaca selama minimal 30 menit dalam sehari. Nah, dengan menetapkan target seperti ini biasanya lebih bisa membuat kamu untuk konsisten mencapai target lho. Lama kelamaan target yang sudah diterapkan ini akan menjadi kebiasaan. Dan jika melewatkannya pasti akan merasa ada yang kurang. Cobain deh tetapkan target kamu dalam membaca ini sekarang juga!

4. Membaca Buku Digital

Cara lainnya agar kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca buku yaitu memiliki buku elektronik atau biasa disebut ebook di ponsel pintar. Sekarang sih zamannya sudah canggih ya, kalau kamu enggan repot membawa buku kesana kemari. Maka kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca melalui buku digital. Karena, dengan kemajuan era teknologi informasi seperti sekarang memang tidak dipungkiri sih banyak orang yang lebih menyukai membaca melalui buku digital. Selain karena praktis, membaca buku melalui buku digital terbilang sangat murah dibandingkan dengan membeli buku fisik. Cara ini sangat efisien untuk kamu yang terlalu sibuk tetapi masih ingin meluangkan waktu membaca buku. 

5. Pilih Jenis Bacaan Favorit

Biar membaca tidak menjadi hal yang membosankan, kamu bisa memilih jenis bacaan favoritmu lho. Biasanya, dengan membaca genre favorit ini maka akan lebih mudah untuk tertarik meluangkan waktu membaca buku.

Ngomongin jenis bacaan favorit, aku paling suka dengan bacaan novel cinta sih. Jujur, bacaan ringan novel cinta ini terkadang dibumbui dengan banyak cerita mulai dari romantis, komedi, dan banyak lagi sehingga membuat pembaca larut didalamnya. Pokoknya cerita novel cinta salah satu bacaan yang emang tak lekang oleh waktu sih. 

Baca Novel Cinta Lebih Mudah di GoodDreamer.id



Sekarang kalau mau baca novel cinta ternyata gampang banget lho. Karena, ada banyak platform yang menyediakan fasilitas ini. Salah satunya adalah GoodDreamer.id ini. GoodDreamer.id merupakan platform untuk membaca novel online pioner dengan novel gratis di dalamnya. Tak perlu khawatir menyisihkan uang, novel online gratis kini bisa kamu nikmati tanpa repot mengeluarkan biaya selangit, dan kamu bisa baca novel tanpa aplikasi lho. 

Di web novel ini juga tersedia lebih dari 1.000 kumpulan novel dan 20 lebih sub genre novel online gratis sehingga kamu tidak perlu bingung mau baca novel yang mana. Ada banyak banget pilihannya, lho! Selain itu web novel ini tidak hanya ada genre tentang novel cinta tetapi juga ada novel romantis, novel fantasi, novel misteri, novel sains fiksi, novel horor, novel thriller, hingga novel action, novel fiksi remaja, novel komedi, novel religi, novel drama, dan novel keluarga, dan masih banyak lagi. 

Oh iya, web novel ini tidak hanya untuk para pembaca lho ternyata. Karena, web novel ini juga menyediakan wadah untuk para penulis. Penulis dapat mempublikasikan karya mereka dengan mudah dan gratis, bahkan berpeluang judul karya tulisnya masuk ke jajaran novel terbaik. Hayuk para penulis pemula ataupun profesional bisa banget lho untuk mengunggah novel karyanya disini. 

Nah, gimana? Buat kamu yang ingin meluangkan waktu membaca maka kamu bisa langsung kunjungi https://gooddreamer.id/novel_romantis ya. Ada banyak novel cinta yang bisa kamu baca disana lho. Tersedia versi website maupun aplikasi dihandphone yang bisa kamu downlod melalui PlayStore maupun AppStore. Selamat membaca!






Related Posts

Post a Comment