Wisata Pagat Batu Benawa Pesona Sejuta Keindahan

12:21:00 AM

Kali ini aku ingin melanjutkan cerita liburan ke kota Barabai beberapa bulan yang lalu. Udah baca yang ini belum?

Nah kali ini aku akan menceritakan liburan ke wisata “Pagat Batu Benawa” yang tempatnya masih terletak di Kota barabai. Di pagat batu benawa kali ini kalian akan menemukan yang hijau-hijau seperti di wisata sebelumnya. Yang pastinya akan memanjakan mata kalian dengan pemandangan yang tak kalah segar seperti tempat wisata sebelumnya. Yang penasaran lanjut baca aja ya :D




Tempat loket masuk wisata

Pagat Batu Benawa terletak di kabupaten Hulu Sungai Tengah tepatnya 7 km dari kota Barabai, dengan perjalanan sekitar 15 menit dengan kendaran roda dua atau empat. Selama perjalanan menuju ke tempat wisata ini  kita akan disuguhi pemandangan persawahan dan pegunungan Meratus dari kejauhan. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 3000/org kita dapat menikmati berjuta pesona alam yang menakjubkan. Saat memasuki pintu gerbang tempat wisata ini kita akan merasakan kesejukan khas pegunungan dan pepohonan hijau.

Tarif retribusi tempat rekreasi

Untuk kenyamanan para pengunjung obyek wisata Pagat disini dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas seperti mushala, taman bermain anak, panggung hiburan, gazebo, toko souvenir, warung, toilet dan ruang ganti pakaian.




Setelah berjalan-jalan menyusuri tempat wisata disini, kita akan menemui sebuah lukisan yang terdapat disebuah dinding. Lukisan ini memiliki cerita yang hampir sama dengan Malin Kundang. Dan lukisan ini adalah sejarah terjadinya Pagat Batu Benawa ini. Legenda tersebut yaitu mengisahkan anak yang durhaka kepada ibunya, anak tersebut bernama Raden Panganten dan ibunya bernama Diang Insun. Menurut cerita yang berkembang Kapal yang ditumpangi Raden Panganten beserta istri dan anak buahnya belah atau pecah menjadi dua karena do’a ibunya yang terkabul, karena Raden Panganten telah durhaka kepadanya, satu pecahan dari kapal tersebut yaitu gunung yang ada di pagat Batu Benawa tersebut, dan satunya lagi berada di kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Source : disini)


Setelah melihat pemandangan lukisan legenda Pagat Batu Benawa, berjalan lagi sekitar 2 meter maka akan menemui pemandangan yang sesungguhnya. Thats really amazing place! Pepohonan hijau disisi kanan dan kiri yang membuat pemandangan lebih segar. Suara riak air menghempas batuan cadas seperti orkestra alam yang membuat kedamaian bagi yang mendengarnya. Dan riuh para pengunjung yang sedang menikmati pemandangan alam. Ada anak-anak yang sedang asyik menikmati kesejukan air yang ada di sungai ini. Dan bongkahan batuan yang terlihat besar-besar di pinggir sungai yang dapat dijadikan tempat duduk bagi para pengunjung.







Kami pun melepas penat sebentar untuk menikmati pemandangan di tempat ini. Karena pemandangannya indah banget, sayang kalo tidak diabadikan. Mulailah jiwa narsis kami keluar. Satu-persatu bergaya di depan kamera. Kayak antrean BBM mungkin hahahaha. Iya, beneran! Kami berenam pada antri cuma buat foto-foto. Sepertinya kami disini membutuhkan seorang fotografer deh -__- karena nggak ada fotografer alhasil biasanya aku yang motoin mereka berlima satu-persatu. Saat udah selesai mereka berlima lalu aku yang teriak-teriak “Eits, jangan pergi duluuuu, fotoin aku dulu!” Selama disana kejadian ini berulang kali terjadi. Yang paling ngenes sih kami nggak bisa foto bareng berenam. Tetapi Alhamdulillah waktu aku selesai bergaya di depan kamera kemudian ada cewek, sepertinya umurnya lebih tua dari aku sih. Aku pun berjalan sembari tersenyum sama kakaknya.

Ide brilian pun muncul di otak aku. “Eh, Suli tuh ada kakak cewek. Kayaknya kakaknya sendirian aja nggak punya teman. Gimana kalo kita godain yukk minta tolong sama kakaknya buat fotoin kita berenam gitu.” Suli yang orangnya juga nggak malu-malu buat negur orang langsung aja deh tanya sama kakaknya "Kak, bisa minta tolong nggak?” tanya Suli sembari tersenyum. “Inggih, kawa ae (iya, bisa)” jawab kakanya. “Fotoin kami ya kak?” ucap Suli sambil menyodorkan kamera ke kakanya. Lalu dengan beberapa kali jepretan kami berhasil foto berenam. Kami pun memakai jurus sok kenal sok dekat. Mulai kepo, keponya yang standart aja sih. Misalnya,

kak namanya siapa?
Rumahnya dimana?
Sendirian aja disini?

Ternyata nama kakaknya itu ka Icha. Kakaknya orang Amuntai. Kakaknya kesini nggak sendirian, tetapi sama ibu dan adiknya. Daripada kasian ngeliat kakaknya sendirian jadi kami ajakin deh buat jalan-jalan lagi ke tempat lain. Selama di tempat itu kami tak perlu khawatir lagi untuk bisa foto bareng berenam. Karena ka Icha dengan senang hati menjadi fotografer kami, hihihi. Makasih ka Icha :) Ah, ka Icha ini baik banget padahal baru kenal beberapa menit yang lalu. 

Yeyyy!

Di tempat ini sudah tersedia dua alternatif untuk menyeberangi sungai, yaitu melewati jembatan gantung dan rakit bambu yang tersusun sampai ke seberang. Tentunya kedua alternatif ini memiliki sensasi yang berbeda. Meskipun begitu, untuk melewati salah satu alternatif ini kita harus membayar Rp. 2000/org untuk menyeberangi sungai. 
Penyeberangan rakit bambu

Penyeberangan jembatan gantung

Setelah berdebat panjang akhirnya kami pun memutuskan untuk melewati rakit bambu saja, kalo mau naik jembatan mah gampang bisa diatur. Oh iya, dimasing-masing tempat itu udah ada penjaganya jadi nggak mungkin buat lewat itu gratis. Kalo mau gratis sih tinggal berenang aja disungainya :P. Sewaktu melewati rakit bambu di tengah-tengahnya kami tidak langsung berlalu langsung keseberang. Tapiiii, kami bernarsis ria lagi. Udah bayar jadi harus dimanfaatkan dong. Sewaktu kami foto-foto sampai-sampai ada orang yang mau lewat, terus digangguin anak-anak yang pada berenang. Menjengkelkan, but its so funny. 
Biarpun sepatu hampir basah nggak apa-apa, yang penting foto dulu :P

Mau nyeberang masih sempat foto -__-

Setelah menyeberangi rakit bambu kami pun sampai di seberang. Nah, di tempat ini juga terdapat sebuah Goa. Di dalam Goa inilah sumber air yang mengalir di Sungai Pagat ini. Airnya yang sangat jernih dan segar sangat disayangkan jika tidak bercebur ke sungai ini. Tapi, karena alasannya kami para cewek, ribet! Kami mengurungkan niat itu dan kami hanya mengabadikan momen di tempat ini. Padahal kemaren kami juga ingin bernarsis ria di depan Goa. Tetapi karena kemaren disana ada pemotretan satu orang model oleh kakak-kakak fotografer yang entah berasal darimana, yang pastinya mereka bukan berasal dari bintang. Jadi kami langsung menaiki tangga untuk ke atas bukit lagi.

Airnya berasal dari dalam goa nih, seger!


Mau naik tangga juga teteup narsis :p

Di atas bukit kita lebih bisa menikmati pemandangan dari atas, pastinya lebih keren. Disini juga ada alternatif untuk menaiki bukit lebih tinggi lagi tentunya di atas nanti kita akan melihat pemandangan Kota Barabai. Untuk sampai ke puncak kita harus menaiki puluhan anak tangga yang terbuat dari kayu dan semen. Dan juga harus membayar Rp. 2000/org. Karena kami tidak bisa berlama-lama disana dan juga kemungkinan takutnya fisik kami tidak kuat, jadi kami mengurungkan niat untuk naik ke atas bukit :(



Kami pun duduk sebentar untuk menikmati pemandangan di bawah sana sambil berbincang-bincang dengan ka Icha. Setelah itu akhirnya kami tuker-tukeran pin BBM sama ka Icha biar nanti bisa liburan bareng lagi. Selesai berbincang-bincang kami berjalan ke arah jembatan gantung. Kebetulan yang diseberang sini tidak ada penjaganya, yang ada penjaganya cuma diseberang sana. Jadinyaaa gratis deh :P


Foto bareng ka Icha (celana abu-abu)


Setelah puas menikmati pemandangan disini, lalu kami memutuskan untuk pulang. Karena hari ini kami harus kembali ke Banjarmasin lagi. Dan artinya liburan dua hari yang singkat tetapi begitu banyak hal yang kami temukan sudah berakhir. Dan tentunya liburan ini sudah mengobati penat sehabis menghadapi ujian nasional. Semoga kami bisa liburan bareng lagi nanti, Amin :D

Pokoknya tempat wisata ini recommended banget buat liburan sekalian melepas penat dari segala kesibukan. Dan pastinya tempat ini juga cocok untuk para pencinta fotografi. Karena, keindahan di tempat ini tidak dapat dipungkiri lagi. 
Teteup narsis :)

You Might Also Like

59 comments

  1. Horeeeee setelah beratus-ratus jam aku menunggu postingan liburanmu berikutnya, akhirnya nongol juga Fat. Cie modemnya udah ada isinya ya :3

    Sungaaaaaiiiiii! Entah kenapa aku lebih tertarik sama air sungainya. Ya pemandangan hijaunya juga seger sih, tapi air sungainya lebih kerasa. Mungkin karena sekarang aku lagi haus.

    Di sini udah jarang banget air sungai yang seger gitu. Udah banyak sampah, warnanya aja udah coklat. Bau lagi. Andai tempat itu di depan mata, aku pasti langsung cabut ke sana.

    Tunggu, kenapa nggak ikutan aja foto di goa itu, Fat? Ngomongin goa aku agak trauma nih-___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kak hehe ternyata ada juga yang nungguin :D

      Iya airnya emang adem banget kak, iya mungkin karena lagi haus jugaaa kak :D

      Ayoo cabutt kak pakee pintu doraemon, aku pinjemin nih :P

      Kakak fotografernya banyak banget kak, cowo semua lagi malu dong kalo dekat-dekat kesitu -__- trauma kenapa kak??

      Delete
    2. Habis terlanjur penasaran sih :p

      Serius pengen berkunjung ke sana nih, huhu...

      Gak apa, kamu ngikut-ngikut aja. Siapa tau ada yang tertarik jadiin kalian model juga *eh haha

      Delete
    3. Hahaha syukur ya kak nggak mati penasaran :(

      Ayo kak kesinii liburan :p

      Hahaha berharapnya sih gitu, tapi kami kayaknya tidak berbakat jadi model yang kayak gitu. Kami bakatnya model amatiran aja :D Hahaha

      Delete
    4. Jangaann :(

      Ajakin aku, Fat. Ajakin aku...

      Haha kita nggak pernah tau loh kalo nggak nyoba :p

      Delete
    5. Ayoo nanti honeymoon ke Banjarmasin sama ka Rey, eciyeeeeeee :P

      Nah loh, itu bukan lagi kak :(

      Delete
    6. Whaaatt? Jauh banget mikirnya Fat... Hahaha

      Delete
    7. Nggak sejauh jarak antara kitakan? wkwkkw

      Delete
  2. kok pagat sih, pagat kan bahasa indonesianya putus. masa batu bisa putus sih -_-
    ih enak banget ada kapal rakit. berasa tradisional banget..
    itu masih di banjar ya? ih aku kepengen backpacking ke banjar. udah googleing juga. kalau naik pesawat 900rb, mahal banget tapi kalau naik bus 18 jam. gilak 18 jam men! tapi pengen ke banjar aja. tahun depan kali yak ngumpulin uang dulu nih..

    pokoknya baca tulisan ini bikin ulun handak bejalanan ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lol, nggak tau kuhhhh :D

      Iya dong Kuh masih wilayah Banjar. Tapi kalo ke tempat ini butuh waktu sekitar 4 jam lagi Kuh. Meskipun cape di jalan tapii terbayar kok kalo udah sampai disini..

      Biar aja Kuh pake Bis hemat gitu, kan biar jadi backpacker hahaha. Okee deh ditunggu ya Kuh, kalo ke Banjar kopdar sama anak BE!! wajib, Insya Allah..

      Alhamdulillah, ada jua yang handak ke Banjar... Semoga kesampaian kuh. Amin...

      Delete
    2. weeiiihhh ada urang banjarkah disini? banjar mana ni pian? #BanjarUnite

      Delete
  3. Kota barabai? itu dikota mana yak? terus itu ko ada tulisan pagat? pagat itu bahasa banjar, kota barabai itu di banjarmasin? tapi ko aku baru denger, disana udah ada sinyal hape gak? twitter udah masuk?
    hahaha

    oh iya kembali ngebahas soal tempat wisata pagat batu benawa, sumpah itu kayanya tempatnya asri banget enak di liat, harganya juga lumayan sih, cuman wcnya bayar? disamarinda jarang banget ada wc bayar soalnya warga sini pada gengsi sih untuk pipis di wc umum. #SamarindaIsRich

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lol, iya adalah udah bisa internetan kali disanaaaa :D Kamu orang mana btw??

      Oh Samarinda toh? hahahaha karena di dunia ini udah jarang ada yang gratisan. Loh kalo lagi kepepet diluar rumah gimana dong? -__-

      Delete
  4. jadi itu jauh dari [erkotaan ya? pasti masih kerasa banget tuh ademnya :D .. pengen nyentuh air disitu. apalagi sekarang puasaan :v

    eh btw itu namanya relief ato lukisan timbul.. kayak di candi borobudur gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan jauh dari kota sih, haha bener banget bikin segar dehh pokoknya :D

      Ya semacam lukisan timbul gitu deh :)

      Delete
  5. wih wih, mantap tuh wisatanya...jadi ngiler nih gue, liburan nggak kemana-mana -_-. btw salken ya, baru pertama ke sini nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ayo liburan kesini :D

      iya salam kenal juga^^

      Delete
    2. wah, gue dijemput dong :D. kan gue buta arah, takut nyasar, asal nggak nyasar di hatimu sih #digampar :D

      Delete
    3. Mau dijemput? bayarin dulu tiket pulang-pergi :P

      Hahaha mana mungkin nyasar dihati, dihati nggak ada jalan :P

      Delete
  6. Asyik banget ke tempat wisata yang murah namun lengkap gitu. Ada fasilitas keluarganya. Mau banget, hehe.Ternyata setiap tempat punya legenda dari cerita rakyat. Membuat imajinasi berkembang.
    BTW, Fat, sayang tulisannya dalam font huruf kecil, itu lumayan bikin capek mata karena saya baca di netbook ukuran 10'. Coba font-nya di-large saja agar enak. Saya biasa verdana dan large. :)
    Selamat jalan-jalan lagi, ya. Sekalian oleh-oleh kisah serunya. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya seru banget kak :D

      Maaf ya kak, blog ini memang selalu bermasalah dengan font tulisan :( terkadang kalo besar ya kebesaran nggak enak dilihat. Yaudah deh aku besarin aja :D Makasih kak sarannya :)

      iya hehhe, terima kasih udah mau baca :)

      Delete
  7. ciee udah balik ngeblog lagi hehe.

    lagi-lagi kamu nulis liburan yang ongkosnya murah tapi manfaatnya dan kenikmatannya banyak banget. salah satunya di wisata pagat batu benawa ini. ongkos masuknya cuman 3000 doang per orang, dan itu kita sudah bisa menikmati pemandangan yang asri dan sejuk banget. cocok buat ngerefresh otak dan mata yang lagi penat.

    jembatan gantungnya keren. sungainya juga kelihatan seger banget. buat main air juga seru. dan satu lagi, kamu selalu tidak lupa dengan berfoto narsis wkwk. emang cewek yaa sukanya narsis mulu hehe.

    keren banget deh tempatnya, udah ongkosnya cocok buat pelajar yang baru lulus, di tambah tempatnya juga nikmat banget. tapi sayang jarak antara Surabaya sama Banjar jauh banget yaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih udah balik lagi hehhe

      Iya cocok banget, apalagi buat galau cocok banget hahha

      Cewe emang gitu Rey, narsis banget :(

      Nggak jauh kok, coba liat peta dekat, paling cuma beberapa cm :P

      Delete
  8. hahaha ide brilian minta tolong sama orang buat motoin .
    aku juga sering pake ide semacam itu, malah tanpa basa bsi ngajak kenalan...
    biasanya langsung aja
    "maaf mbak/mas, ngerepotin. bisa tolong fotoin kami nggak??"
    hehehe...setelah itu bilang "makasih ya.." kadang2 ditambahi basa basi nanya : "dari mana asalnya? oh dari sana..."

    Wisata pagat batu lebih ke wisata alam ya.
    wah seru ada penyeberangan sungai dan jembatannya juga.
    apalagi tarif masuknya murah banget.
    kebayang asyiknya pergi ke sana rame2 ^_^
    dan lukisan bersejarah yang penuh makna...
    kapan ya aku bisa menjelajahi tempat wisata yg ada di kab.hulu sungai tengah??? hohoho...

    oya fat, ukuran fot-nya bisa ditambahin dikit nggak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, wah kita punya kebiasaan yang sama yakk :D

      Kapan kamu mau? ayokk kesini :P

      Iya udah tuh, makasih ya sarannya :)

      Delete
  9. Fatimah, ukurannya fontnya kekecilan :( Aku sampe mendelik bacanya >_<

    Tapi keren nih postingannya, ah kenapa kamu selalu posting soal liburanmu sih? Bikin ngiri aja :D

    Ehm, kapan-kapan kalo aku berkunjung kesana, kamu jadi spesialis tour guideku yap :D Kapan-kapan tapi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setuuujuuu sama bang taufan/bang ajie. fontnya bikin jarak mukaku sama monitor jadi hampir nempel :D

      waaa jadi kepengen liburan euy \o/ apalagi kalo liburannya murah gitu ya, pas banget sama kantong yang lagi kempes :D hehe

      Delete
    2. Taufan : maafkan aku Fan, aku memang kecil *loh* iya udah dibesarin tuh, duh tuh fontnya gede gede kaya biji jagung. Terkadang aku bingung sama ukuran font aku ini, kalo kecil kecil banget kalo besar ya kebesaran :(

      Ayo kalo iri ke Banjarmasin dong :P

      Insya Allah kalo nggak sibuk Fan, pasti bisa kok :D

      Delete
    3. Ka Lilis : ayo kak liburan kesini, hemat dan pastinya seru hahhaa

      Delete
    4. Biasanya font itu ngikut sama tema :3

      Hooh, kira2 dari Surabaya ke Kalimantan berenang bisa gak yak? Eh aku gak bisa berenang ding -_-
      Kamu aja yang ke sini, biar bisa kopdaran sama kita-kita regional Jawa Timur :D *pamer dikit*

      Delete
    5. iya juga sih Fan :D

      Bisa kok Fan, kalo kamu niat Insya Allah bisa :))

      Bayarin tiket pp duluuuuuu sanahhhh :P

      Delete
  10. Wew..... maaf ya kemarin kelewatan, hehe,
    Btw Barabai itu mana ya? Wah maaf nih, geografiku agak down nilainya. Tp....mmm ntw itu tempatnya asri banget deh. Mau dong diajakin ke sana!!!

    Bentar deh, ada rakitnya juga? Rakit yg panjang gitu? Kaya' d tipi tipi hlo. Wehehe
    Kalo di situ airnya bening gitu ya, di bengawan solo dket rumahku tuh airnya keruh banget. Sebel sih tiap hari soalnya ada org main buang sampah seenak jidat. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dimaafin hahha
      Barabai itu di kalimantan selatan kak :P

      Hahaha, ayo kesini biar kayak ditipi :P
      Diingetin gihh mereka jangan buang sampah gitu hehehe

      Delete
    2. Pengen sih ngingetin mereka, tapi ntar kalo aku digampar, gimanaa?? hayo loh...
      Kamu mau belain aku? :p

      Delete
  11. Hulu Sungai tengah dimana sih cc Fatimah?? Luar pulau Jawa yaaa?? hehehe..ahh, liat airnya aja udah kerasa seger bangett apalagi liatnya masih siang gini mana puasa..hahaha cuman pasti panas ya..dan itu cuman sungai gitu aja yahh, bagus sih airnya jernih nggak kayak di sini..coklat kayak susu sapi...bagusss!! jadi pingin ke situ dehh, kapan yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hulu sungai Tengah itu bagian dari kalimantan selatan kak Mey :)

      Ayo kak secepatnya deh kesini :P

      asik loh seger banget pasti :D

      Delete
  12. Wow! Barabai! Kapan lah terakhir aku ke sana? Hmm.. Lawas banar sudah rasanya. Dan aku hanyar tahu ada wisata Pagat Batu. Btw, kenapa legendanya mirip Malin Kundang? :| Huf..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha ayoo ke Barabai kak liburan hehehe

      nih hanyar ja tahu, ulun gin hanyar jua tahu :D

      Kada tahu :( tanyakan pada rumput bergoyang :P

      Delete
  13. barabai itu dimana ya :(
    Vina nggak tauu ... di fotonya aja keren gilak.
    juga cuma butuh duit 3000 udah bisa masuk.
    andai di Pekanbaru ada tempat semacam ini :(

    itu tetap ya narsisan.,. Blogger emang gitu, nggak ada foto = hoax :D
    wkwkwkwk
    tapi keren, itu yang air dari goa pasti sejuk banget..

    yang batu itu, ceritanya hampir mirip malin kundang ya..
    hmmm..

    eh ini daerah mana ya? Jadi pengen kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kalimantan selatan kak Vin :)
      hahaha nggak ada ya? sabar yakk :3

      iya makanya harus foto, nanti dibilang hoaxxxx :(

      iya mirip banget. Nggak hampir lagi hahaha

      ayo kesini :D Coba deh tanyain gogle maps :D

      Delete
  14. wah gue paling seneng kalo lihat wisata di indonesia di posting2 ke blog gitu, kayaknya emang pesona indonesia nggak kalah sama pesona luar negri.

    tetep yah orang indonesia itu suka foto2 pemandangan tpi harus ada orangnya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enggak kalah dong :D

      Nggak orang indonesia aja sih orang luar negeri banyak juga kok kayagitu :))

      Delete
  15. wuidih keren. Gue baru tau ada wisata begini, gak banyak kayaknya yang publikasikan ya?

    gue penasaran pengin lewat jembatan gantungnya, melatih keberanian banget sepertinya u,u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak begitu terkenal soalnya dipelosok desa sih kak :D

      Iya memacu adrenalin banget hahaha

      Delete
  16. Murah juga ya 3000an tiket masuk, yahh.. Walaupun di dalem apa2 bayar juga. Haha.. Tapi murah euy.. :D

    Itu asik banget buat mandi, kenapa kalian gak ikutan mandi aja, biar pulangnya nanti bajunya basah2. Haha.. Terus sakit.. #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Erick jahat ihh doain sakit lagi -__-

      Delete
  17. umpat manjinguk nah....... heeee...
    salam kenal barataan lah, ulun orang kotabaru, heeee

    ReplyDelete
  18. Wah, boleh tuh, Fat, buat referensi kalau ke Barabai. Cuma, kok udah masuk, bayar lagi, dan lagi ya. Berasa di Ancol aja yang banyak wahana dan harus bayar lagi dan lagi. :D

    Keren fotonya. Kapan kapan ke sana ah:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapiii lebih murah disini kan kak :D

      Ayokss kak, ke Banjarmasin.. biar aku bisa ikut backpackeran sama kak Lin :D

      Delete
  19. keren juga tempatnya... tapi jauuh...

    ReplyDelete
  20. next time next place pls expose wisata banyu panas kec.hantakan !!

    ReplyDelete
  21. dasar mantab tempatnya, semalam bulik.bejiarah dari martapura sampai kandangan pas mau bulik kesamarinda mampir ke Wisata Pagat, Tempatnya bagus banget... kapan" insyaAllah kesana lagi kalau sudah beristri mau bawa anak istri....

    ReplyDelete
  22. Banyak kenangan di tempat ini.... wkwkwkwk

    ReplyDelete