PARTISI RUANGAN PADA DATA CENTER

1:54:00 AM



Tahukah Anda bahwasannya data center  merupakan prioritas utama apabila kita membahas mengenai persyaratan infrastruktur. Dewasa ini, dapat dilihat jika data center sebagai kunci parameter bisnis dan bukan hanya sebagai fasilitas eksternal untuk menyimpan informasi serta mode operasi bisnis. 

Bagi perusahaan besar fungsi data center menjadi sangat penting. Karena, apabila terjadi kerusakan atau masalah pada bagian operasi data center maka akan berpengaruh dan menurunkan bisnis jika tidak mempunyai strategi cadangan yang efisien.


Pengguna Data Center

Umumnya, data center bisa digunakan oleh siapa saja yang memang membutuhkan ruangan penyimpanan data yang sangat terjaga serta didukung koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Saat ini di Indonesia sendiri pengguna data center baru sebatas pemerintahan dan perusahaan besar seperti perusahaan perbankan dan asuransi serta perusahaan multinasional . 

Menurut beberapa perusahaan multinasional nasional yang beraktivitas di Indonesia, seperti Grab bike atau grab car dan aplikasi uber data mereka akan lebih cepat diakses apabila mereka meletakkan aplikasinya tersebut pada data center yang berlokasi di Indonesia.

Misalkan seperti pada perusahaan jaringan gerai makanan contohnya Mc Donald, mereka juga harus  menggunakan data center untuk kebutuhan akses data setiap hari yang tergolong cukup besar. Oleh karena itu, data center cukup penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka.

Beberapa Hal Yang Wajib Dimiliki Oleh Data Center 

Data center  diharuskan mempunyai beberapa partisi ruangan seperti berikut ini:

Ruangan server

Ruangan server biasanya terdiri dari beberapa komputer tanpa memiliki monitor dan keyboard. Computer-komputer tersebut terhubung ke jaringan serta bertugas sebagai inti penyimpanan dan pemrosesan data.

Komputer ini saling terhubung dan harus selalu dikontrol suhu ruangannya. Sebab, jika sampai terlalu panas atau lembab maka akan menimbulkan kerugian karena kerusakan.

Rak-rak jaringan

Rak-rak jaringan berfungsi sebagai penghubung di antara server dan jalur serat optic ISP. Di mana data-data yang masuk dan keluar harus melewati jalur rak-rak jaringan ini.

Mesin-mesin UPS

Mesin UPS berfungsi sebagai sumber listrik cadangan apabila pasokan listrik tiba-tiba terputus atau bahkan mati. Mesin UPS sendiri mampu menjadi backup tenaga listrik sementara sebelum generator cadangan menyala. Generator cadangan berfungsi dengan menggunakan mesin diesel secara otomatis akan menyala ketika listrik padam.

Ruangan pendingin 

Biasanya berfungsi untuk mengatur suhu di ruangan server agar suhu ruangan tidak terlalu panas. Mesin yang berfungsi menukar panas terletak di atap bangunan dan dapat mengeluarkan panas yang ada di dalam gedung.

Pusat data tersebut selain bermanfaat untuk peletakan aplikasi, akses data, serta agar lebih bermanfaat. Bagaimana tidak, apabila sebuah perusahaan atau suatu organisasi membangun sendiri data center baik untuk akses dalam skala kecil maka investasi yang diperlukan cukup besar dan belum optimal. Dengan memakai data center tentulah permodalan perusahaan dapat lebih optimal selain kinerja lebih efisien.

Data center sendiri merupakan suatu tempat yang terdiri dari penyimpanan dan jaringan komputer yang digunakan oleh pebisnis atau organisasi lain untuk mengatur, memproses, menyimpan dan menyebarluaskan data dalam jumlah yang besar. 

Selain fungsi di atas, data center juga mempunyai fungsi  lain yakni sebagai principal repositories untuk aneka ragam peralatan IT, termasuk server, subsistem penyimpanan, networking switches, router dan firewall, dan juga pemasangan kabel serta physical racks yang dimanfaatkan untuk mengatur serta menghubungkan peralatan IT. 


Dengan menggunakan jasa NEX, Anda dapat menjangkau infrastruktur di manapun dan kapanpun. Karena NEX memberikan solusi pada setiap pelanggannya untuk memonitor infrastrukturnya.

You Might Also Like

0 komentar

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN