CARA MENGATASI OVERTHINKING

Post a comment
 
cara mengatasi overthinking

Overthinking adalah saat dimana kita memikirkan sesuatu secara berlebihan. Tapi, terkadang nggak tau cara mengatasi overthinking itu? Meskipun kelihatannya sangat sepele, tetapi perasaan overthinking ini justru sebuah kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatanmu. Bentuk paling nyata akibat dari overthinking sih biasanya, susah tidur.

Biasanya, orang yang sering overthinking mereka akan susah untuk menemukan solusi dari yang mereka pikirkan. Bahkan mereka cenderung malah memikirkan kejadian-kejadian buruk yang akan terjadi, padahal belum tentu terjadi. Pernah aku dengerin Live IG Dari seorang psikolog yang terkenal. Beliau mengatakan “saat kamu sedang overthinking coba terima perasaan itu, tapi jangan berlarut-larut. Kemudian kamu sadari itu hanya pikiran kamu dan belum terjadi.”

Menurut aku sih kalimat dari beliau emang bikin sadar, biasanya ya orang overthinking itu mereka terlalu banyak memikirkaan kemungkinan-kemungkinan yang belum terjadi. Menurut aku sih, sebagai seorang yang overthinking. Kebiasaan overthinking ini sulit untuk dihilangkan secara langsung, tetapi bisa dilakukan dengan cara bertahap.

Ngomongin tentang mengatasi overthinking, aku akan ngasih tau kamu beberapa hal yang biasanya aku lakukan saat sedang overthinking. Dan, beberapa hal emang manjur sih menurutku.

Menuliskan hal yang sedang dipikirkan

Beberapa penelitian menyebutkan jika kita menulis maka itu akan mengurangi rasa cemas, stress, dan juga perasaan buruk lainnya. Karena, saat kita menuliskan apa yang ada dipikiran kita, mungkin anggap saja seperti menumpahkan isi kepala yang penuh sehingga akan membuat pikiraannya kita menjadi plong. Saat kamu sedang merasa overthinking, segera ambil kertas dan pulpen. Kemudian tuliskan segala yang kamu pikirkan pada kertas itu. Setelah mencoba menuliskan semua hal yang sedang kamu pikirkan, bisa saja setelah itu kamu dapat berpikir jernih.

Mencari kesibukan lain

Menurut aku ini salah satu hal yang wajib banget dilakukan, biasanya saat sedang tidak ada kesibukan pikiran kita malah semakin mendorong untuk memikirkan hal sepele secara berlebihan. Nah, kamu bisa menyibukkan diri dengan hobi ataupun pekerjaan. Meskipun ini sifatnya sementara, tetapi setidaknya kamu sudah memberikan waktumu untuk hal lain daripada terus-terusan overthinking.

Menyadari perasaan overthinking

Terkadang kita justru sedang tidak memahami atau malah denial sama apa yang sedang kita rasakan. Nah, sebaiknya saat kamu sedang overthinking maka sadari betul bahwa ini adalah Cuma pikiran bukan kenyataan. Setidaknya, cara ini membantu kamu untuk menyadari bahwa overthinking secara berlebihan justru membuang waktumu.

Bercerita kepada orang yang dipercaya

Saat pikiran sedang kacau, kita lebih sering tidak bisa berpikiraan jernih. Tidak ada salahnya untuk bercerita kepada orang yang kamu percaya. Nah, jadinya kamu akan mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Siapa tau setelah bercerita malah bikin kamu mikir ulang “Benar juga ya, belum tentu yang aku pikirkan ini bakalan terjadi.”

Mengambil tindakan terhadap perasaan overthinking

Setelah kita menyadari perasaan overthinking kita maka sebaiknya untuk langsung mengambil tindakan atau solusi terhadap apa yang kamu pikirkan. Contoh nih sering dialami oleh orang yang mau mulai berbisnis dia kemudian terus-terus berpikir “kalau nanti jualanku tidak laku gimana?” Nah, maka tindakan yang harus diambil ya kenapa kamu tidak memulai aja dulu daripada terus-terusan berpikiran buruk.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang yang overthinking, so buat kamu yang sering mengalami overthinking bisa dicoba nih beberapa triknya. Ingat loh ya, kebiasaan overthinking itu bukan kebiasaan yang baik untuk diteruskan. Jadi, tugasmu adalah mengurang perasaan overthinking itu.


FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

Post a comment