BOROS, AKU MENYESAL

6:39:00 AM


Hai, ketemu lagi nih di #BPN30daychallenge2018 dengan tema “hal yang disesali saat ini”. Nah, pasti kalian pernah menyesali sesuatu hal yang terjadi pada masa lalukan? Terkadang bahkan namanya penyesalan selalu datang di akhir, jika di awal itu namanya bukan penyesalan kata orang-orang diluar sana. Terlalu sering aku mendengar tentang itu….


Ngomongin hal yang disesali, sebenarnya sih semakin kesini aku semakin belajar. Ternyata aku tidak perlu menyesali hal yang pernah terjadi, toh yang pernah terjadi baik ataupun buruknya telah memberikan pelajaran. Ketika hal buruk terjadi dihidupku, pada akhirnya hari ini telah memberikan pelajaran untukku menjadi orang yang lebih baik lagi.

Sebenarnya hal yang kali ini aku sesali pun menurutku sangat biasa, bukan kesalahan yang terlalu besar. Jadi, pada tahun 2017 kemaren aku baru-baru saja belajar untuk menghasilkan uang dari hobiku. Sampai pada akhirnya aku kalap euy. Pada saat itu aku hanya ingin memberikan reward ke diriku sendiri tapi ternyata aku gak bisa ngontrol diriku pada saat itu. Aku merasa pada saat itu aku menjadi manusia yang paling boros.
Nongkrong yang bahkan untuk rapat atau untuk keperluan yang sama sekali gak jelas. Beli sesuatu hal apapun yang aku inginkan. Padahal, aku itu tipe orang yang hemat, dan sangat hemat. Sampai akhirnya, sekarang aku sadar ternyata yang aku lakukan kemaren buang-buang uang saja. Nongkrong gak jelas, kalian taukan kalau sekali nongkrong di café itu mahal banget.

Dan, sekarang aku menyadari apa yang aku lakukan itu hanyalah kesenangan sesaat. Hingga akhirnya aku berjanji pada diriku sendiri untuk tidak mengulangi hal itu lagi. Ku berjanji kepada diriku sendiri agar tidak boros lagi dikemudian hari, aku berjanji untuk menggunakan uang sebaik mungkin. Wah, ternyata hal buruk yang aku lakukan saat itu punya dampak besar untuk hari ini. Akhirnya, aku kembali bisa menguasai diriku sendiri. Aku bisa kembali untuk mengatur keuangan dengan baik, bukannya aku sudah merasa terlalu baik dalam hal manajemen uang. Tetapi, setidaknya aku sudah memilah yang mana keinginan dan kebutuhan.

Atas penyesalan ini akupun berjanji, jika kelak aku benar-benar bekerja aku tidak akan lagi menuruti kemauan diriku sendiri. Aku harus pintar manajemen uangnya, setidaknya gajih pertamaku pada saat bekerja nanti tidak aku jadikan untuk hal “bersenang-senang” tetapi lebih kepada hal yang bermanfaat.


You Might Also Like

0 komentar

Pena Blogger Banua

PENABLOGGERBANUA

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN

FEMALE BLOGGER BANJARMASIN