5 TANDA POLA PIKIR KAMU SUDAH MENJADI SOSOK DEWASA

Post a Comment
Konten [Tampil]

Pernahkah kamu mendengar sebuah kalimat yang berbunyi “Menjadi tua adalah pasti, tapi menjadi dewasa adalah sebuah pilihan”. Tentu saja, kalimat tersebut ada benarnya. Aku, kamu, dan kita semua pasti aoan bertumbuh menjadi tua semakin hari namun itu belum bisa menjadi tolak ukur bahwa kita sudah menjadi sosok yang dewasa. Karena, namanya sebuah kedewasaan seseorang tidak dilihat dari umurnya melainkan pola pikir yang terbentuk. Jadi, apa sajakah tanda pola pikir bahwa kamu sudah menjadi sosok dewasa?

1. Saat Menjadi Dewasa Membentuk Kamu Menjadi Pribadi Bertanggung jawab

Jika dulu saat menjadi anak-anak mungkin kamu belum mengenal apa itu tanggung jawab. Secara tidak langsung mungkin sebagai anak-anak sudah diajarkan kok bagaimana belajar bertanggung jawab dari hal-hal yang kecil. Contohnya, membersihkan tempat tidur, merapikan mainan yang berserakan, dan sebagainya. Namun, seiring waktu bertumbuh hingga menjadi dewasa tanggung jawabmu tentu bukan lagi tentang hal yang sepele. Justru, tanggung jawabmu semakin besar lho!

Nah, tentunya saat pola pikir kamu terbentuk menjadi sosok yang dewasa maka kamu akan terbiasa bertanggung jawab dengan keberlangsungan hidupmu sendiri. Tidak bisa lagi dong bergantung  dengan orang sekitarmu, sehingga siap ataupun tidak kamu akan tumbuh dan belajar untuk bertanggung jawab dengan hidupmu sendiri.

2. Beranjak Dewasa Membuat Kamu Lebih Berpikir Kritis dan Realistis

Dengan berbagai perjalanan yang kamu lalui saat bertumbuh menjadi sosok yang dewasa tentu banyak hal yang akan kamu lalui. Mulai dari masalah, rintangan, hingga ujian hidup. Nah, disitulah nantinya pola pikir kamu aoan terbentuk. Kamu akan terbiasa berpikir kritis terhadap hal-hal yang akan kamu temui. Selain itu, kamu juga akan belajar untuk lebih berpikir realistis terhadap semua hal. Karena, tidak lagi semua hal bisa kamu andalkan dan akhirnya kamu terus berekspektasi lebih. Ada kalanya semua hal harus kamu tanggapi secara realistis.

 

3. Ketika Menjadi Dewasa Kamu Tau Mana yang Lebih Prioritas

Jika dulu saat pola pikir kamu belum terbentuk secara matang mungkin kamu akan kelelahan membedakan hal mana yang lebih prioritas. Mungkin saat kamu masih ingin terus bermain, maka ada kalanya akan mengenyampingkan pendidikanmu. Nah, saat kamu beranjak dewasa maia kamu akan lebih mudah melakukan hal-hal yang prioritas saja menurutmu. Tentunya, ini akan sangat membantu kamu untuk tidak membuang waktu dengan sia-sia lho. Dengan mengerjakan hal yang lebih prioritas maka kamu tahu tujuan hidupmu dengan baik.

4. Melihat Segala Sesuatu Hal Dari Berbagai Sudut Pandang

Saat kamu bisa melihat segala sesuatu hal dari berbagai sudut pandang maka akan membuatmu tumbuh menjadi sosok yang lebih dewasa dan bijak. Kamu tidak lagi bersikeras untuk melihat segala sesuatu hal dari satu sisi saja, bahkan kamu bisa melihat sisi positif sehingga kamu akan lebih mudah menerima pendapat orang yang berbeda dengan pemikiranmu.

 

5. Menjadi Dewasa Membuat Kamu Lebih Dulu Berpikir Sebelum Bertindak

Pasti saat kamu dulu masih belum membentuk pola pikirmu seperti sekarang maka kamu pernah melakukan hal gegabah dan itu justru malah berdampak buruk terhadapmu? Ya, its okay itu namanya sebuah proses. Dengan begitu seiring waktu berjalan saat kamu sudah membentuk pola pikir yang dewasa maka kamu akan lebih mudah menyikapi segala hal. Bukan lagi tentang bertindak  dengan cepat, namun kamu harus berpikir dahulu sebelum bertindak. Tentunya ini akan menjadikan keuntungan agar kamu tidak membuat tindakan yang nantinya akan merugikan dirimu sendiri ataupun orang lain.

Nah, itulah beberapa tanda pola pikir jika kamu sudah beranjak menjadi sosok dewasa. Apakah kamu sudah merasakannya? Jika belum, maka semua perlu proses untuk membentuknya. Tentu saja untuk membentuk pola pikir menjadi sosok yang dewasa ini bukan dibentuk hanya dengan 1 atau 2 malam. Namun, memerlukan proses yang panjang. Maka nikmati saja prosesnya, hingga nanti kamu akan menemukan sosok dewasa dikemudian hari dalam dirimu.

FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment