PERAN INTERNET DALAM MEMANTAU KONDISI TUBUH SELAMA RAMADHAN

Post a Comment
Konten [Tampil]

Internet yang cepat dan stabil


Selama bulan ramadhan, seluruh umat muslim diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Sehingga dengan kondisi demikian, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak pula terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya. Selain itu, kewajiban untuk meningkatkan volume ibadah dan bangun di pertengahan malam untuk makan sahur, membuat pola tidur tidak teratur. Oleh karena itu, akan menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang. 

Nah, sehingga penting banget untuk tetap menjaga kesehatan saat puasa Ramadhan sangat penting. Karena itu, menerapkan pola hidup yang sehat untuk membuat tubuh tetap bugar agar kegiatan sehari-hari bisa berjalan normal seperti biasanya. Dan, agar saat beribadah pada bulan puasa tidak terganggu pastinya.


Peran Internet Saat Berpuasa Untuk Memantau Kondisi Tubuh


Di era digital ini peran internet tentunya sangat membantu dalam banyak hal. Bahkan, saat berpuasa pun kamu juga memanfaatkan peran internet secara maksimal, antara lain


1. Mengakses Informasi Kesehatan

Mengakses informasi kesehatan

Keberadaan internet saat ini sangat memudahkan untuk mengakses berbagai informasi nih. Salah satunya adalah informasi kesehatan yang berkaitan dengan bulan Ramadhan. Kamu dapat memperoleh informasi mengenai cara menjaga kesehataan saat berpuasa, Pola makan yang baik saat berpuasa agar tubuh tetap sehat, dan berbagai macam informasi menarik lainnya yang kamu butuhkan.



2. Konsultasi Online Dengan Dokter

Konsultasi online dengan dokter

Saat berpuasa biasanya ada beberapa orang yang mengalami masalah dari segi kesehatan. Paling sering biasanya yang berkaitan dengan sembelit, tekanan darah rendah, sakit kepala, radang pencernaan dan juga maag. Dengan dukungan internet yang cepat dan stabil saat ini jika kamu mengalami masalah kesehatan saat berpuasa bisa lho berkonsuktasi online dengan dokter. Jadinya sangat memudahkan bukan? Tidak perlu bertatap muka secara langsung. Ada berbagai macam platform dan aplikasi konsultasi dengan dokter yang bisa kamu manfaatkan yaitu Halodoc, KlikDokter, Good Doctor, dan SehatQ. 


Untuk berkonsultasi online dengan dokter aku biasanya memilih provider internet IndiHome. Internet dari IndiHome yang selama ini sangat membantu agar terhubung dengan internet cepat dan stabil tentunya memudahkan proses berkonsultasi online berjalan dengan lancar. 



3. Menggunakan Aplikasi Kesehatan


Melansir dari situs teknologi, selain berkonsultasi online dengan dokter, ada  beberapa aplikasi kesehatan yang dapat membantu kamu untuk memantau serta menjaga kondisi tubuh selama berpuasa puasa Ramadhan, antara lain:


  • MyFitnessPal: Ini adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu memantau asupan kalori, nutrisi, dan cairan yang dikonsumsi selama berpuasa lho. Jadinya kamu bisa memantau nih asupan yang kamu makan saat sahur dan berbuka apakah sudah memenuhi kebutuhan.
  • WaterMinder: Ini adalah aplikasi yang bisa membantu memantau asupan air yang dikonsumsi selama berpuasa. Dengan mengatur pengingat, kamu dapat memastikan bahwa air yang diminum saat sahur dan berbuka sudah cukup. Salah satu aplikasi yang berguna banget buat aku yang sering lupa minum air putih nih. Bahaya banget kalau kurang minum air putih saat berpuasa, bisa dehidrasi nanti.
  • Muslimah Fit: Aplikasi ini dikhususkan untuk perempuan yang ingin menjaga kesehatannya selama berpuasa, dan dilengkapi dengan panduan latihan fisik serta olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh saat berpuasa.
  • Halodoc: Selain untuk membeli obat, vitamin, dan suplemen, aplikasi Halodoc ternyata juga dapat membantu mencari dokter atau konsultan kesehatan yang siap memberikan saran dan konsultasi tentang kesehatan selama berpuasa lho.


Untuk mengakses segala informasi, berkonsultasi online dan juga menggunakan aplikasi kesehatan diatas tentunya perlu internet cepat dan stabil seperti IndiHome dari Telkom Indonesia. IndiHome adalah layanan digital yang telah menggunakan teknologi fiber optik, sehingga transmisi data dan akses bisa dilakukan dengan kecepatan optimal. 


Related Posts

Post a Comment