BELAJAR LITERASI KEUANGAN SEJAK DINI MELALUI MONEY GAMES MORTGAGE CALCULATOR

Post a Comment
Konten [Tampil]



Mengajarkan tentang literasi keuangan sejak dini merupakan hal yang sangat penting di era sekarang. Karena, hal ini banyak sekali manfaatnya bagi anak saat ia beranjak dewasa nantinya. Dengan mengajarkan literasi keuangan sejak dini maka kita sebagai orang tua sudah membangun fondasi yang kuat agar anak-anak bisa mengelola keuangan dengan bijak. Tentunya dengan pengelolaan uang dengan bijak ini akan menjadi salah satu cara untuk membantu menjalani hidup dimasa dengan dengan baik. Apalagi masalah finansial merupakan salah satu hal yang krusial. Jika tidak bisa mengelola finansial dengan bijak maka bisa saja akan berakibat fatal atau bahkan hal-hal yang tidak terduga akan terjadi.



Manfaat Belajar Literasi Keuangan Sejak Dini


Ada beberapa manfaat belajar literasi keuangan sejak dini bagi anak yaitu: 


1. Membentuk Karakter Anak Agar Bijak Dalam Mengelola Keuangan


Mengajarkan literasi keuangan sejak dini merupakan langkah yang tepat untuk pembentukan karakter anak lho. Karena, hal ini akan sangat berpengaruh di masa dewasanya nanti. Sebagian orang berpikir “ngapain ngajarin anak nggak boros sejak kecil sih”. Nanti dewasa dia juga paham bahwa cari uang itu susah dan gak akan mungkin dia boros. Menurutku sih ini pemikiran yang kurang tepat. Namanya pendidikan karakter anak itu perlu dilatih sejak dini. Salah satunya adalah membentuk karakter anak agar bijak dalam mengelola keuangan tentunya juga harus dimulai sejak dini. Kamu sebagai orang tua perlu mengajari pada hal-hal kecil terlebih dahulu misalnya jika anak ingin membeli sesuatu maka diajarkan untuk menabung terlebih dahulu. 


2. Mencegah Dari Masalah Keuangan Di masa Depan


Mengajari literasi keuangan sejak dini salah satunya adalah mencegah masalah yang akan terjadi di masa depan seperti terlilit hutang yang besar, hidup boros, dan mengeluarkan uang tidak sesuai dengan kebutuhan. Sebagai orang tua tentunya kita tidak ingin melihat anak kita nantinya kesulitan masalah keuangan. Nah, tugas kita saat ini adalah mengajarkan literasi keuangan sedini mungkin.



3. Mengajarkan Anak Untuk Membedakan Kebutuhan Dan Keinginan


Kita sebagai orang dewasa yang terkadang masih bingung membedakan kebutuhan dan keinginan tentunya membuat keadaan keuangan tidak stabil. Dengan mengajarkan anak literasi keuangan sejak dini akan membantu anak membedakan mana hal yang memang dia butuhkan untuk dibeli atau hanya keinginan saja. Jika anak sudah paham dengan konsep ini maka bisa menumbuhkan sikap hemat pada anak. 


4. Belajar Investasi melalui Literasi keuangan

Siapa bilang belajar investasi itu tidak penting? Bahkan sejak dini pun anak juga perlu paham lho bagaimana cara mengelola uang salah satunya dengan belajar investasi.  Dengan pengetahuannya tentang literasi keuangan sejak dini maka anak akan punya pertimbangan yang matang bagaimana semestinya memilih investasi yang tepat untuk mengelola uanganya dengan baik. 


5. Membantu Anak Untuk Membangun Kemandirian Finansial


Mandiri Finansial ini merupakan tahapan yang paling penting dimasa depan saat mengajarkan anak literasi keuangan sejak dini. Karena, dengan keadaan anak sudah mandiri finansial kita sebagai orang tua tidak perlu khawatir karena kita sudah menanamkan bagaimana cara menabung, membuat anggaran keuangan, dan berinvestasi dimasa depannya. Bahkan dengan mandiri finansial anak pastinya sudah siap untuk menyambut hari tuanya tanpa harus pusing mau pensiun karena sudah punya bekal tabungan yang cukup.



Bermain Game dan Belajar Literasi Keuangan di Mortgage Calculator Money Games


Ada banyak cara untuk mengajarkan literasi keuangan pada anak sejak dini. Salah satunya adalah dengan bermain Money Games di Mortgage Calcualtor nih. Nah disitus ini ada banyak sekali money games yang dapat dimainkan anak sampai dengan usia dewasa lho, bahkan kita sebagai orang tua juga bisa ikut main gamesnya nih. Money Games di Mortgage Calculator ini mengajari tentang budgeting, manajemen keuangan, investasi bahkan sampai menghitung keuangan lho.





Website Money Game ini tentunya menyediakan permainan yang sangat lengkap bahkan disajikan dengan animasi dan sangat mudah dimengerti oleh anak-anak. Ada banyak macam kategori permainan yang wajib dicoba oleh anak-anak yang ingin belajar keuangan di website ini. Kategori money gamenya yaitu Real Estate Games , Money Games, Cryptocurrency Games, Farming Simulation Games, Grocery Store Games, Restoran Simulation Games, Business Simulation Games, Software Development Games, Office Politics Games, Environmental Games, dan masih banyak lagi kategori lainya.


Game di Mortgage Calculator Yang Asyik Untuk Dicoba Bersama Anak Sembari Belajar Literasi Keuangan


1. Case back games



Caseback games ini merupakan permainan dimana para pemain memberikan kembalian yang benar kepada para konsumen menggunakan uang kertas ataupun koin. Pada games ini para pemain akan diajarkan mengenai konsep penjumlahan, pengurangan, dan juga menyerahkan kembalian yang tepat kepada konsumen sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Maka games ini sangat bermanfaat untuk melatih anak agar berhitung secara cepat dan tepat lho.



2. Cashier Simulator



Siapa sih yang tidak familiar dengan game kasir-kasiran ini. Salah satu game yang tak lekang oleh waktu dan selalu seru untuk dimainkan. Games 'kasir-kasiran' ini akan mengajarkan anak-anak bagaimana cara mengoperasikan mesin kasir di grocery store. Tentunya ini adalah game yang snagat menyenangkan karena anak akan belajar konsep dasar uang dengan menghitung barang, menjumlahkan harga, memberikan kembalian, dan menyerahkan struk belanja yang harus dilakukan secara tepat, sebab akan berpengaruh pada perolehan score yang didapat nantinya. 



3. Farm Town



Farm Town ini games simulasi pertanian dan pemrosesan makanan yang terdiri dari 40 level. Para pemain akan diajak bermain game ini mulai dari menanam benih, panen tanaman,beternak hewan, menjual produksi pertanian ke pasar. Selain itu games ini juga gak kalah seru karena para pemain akan diajak untuk berpikir kreatif mengolah hasil mentah menjadi barang jadi dan dapat diperjual belikan. 


Gimana? Ada banyak pilihan games money yang seru di Mortgage Calculator untuk dicoba bersama anak sembari belajar literasi keuangan nih. Kamu bisa mengakses gamenya melalui https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ ya. Mengajarkan literasi keuangan sejak dini jadi hal yang menyenangkan deh setelah ini. Oh iya, jangan lupa saat bermain games orang tua juga ikut andil ya biar anak-anak merasa tidak sedang belajar sendiri. Selamat mencoba ya!






FatimahAqila
Hi i am Fatimah | 5 September 1996 | Love the color blue, pink, and white | Love Elmo very much | Lets make friends with me ❤

Related Posts

Post a Comment