5 Tips Usaha Warung Kelontong Agar Untung Terus

11 comments
Konten [Tampil]
Warung kelontong



Ada banyak bisnis usaha yang ingin aku dan suami lakukan di masa depan jika uang tabungan kami sudah terpenuhi. Salah satunya adalah keinginan untuk membuka warung kelontong. Karena, ini merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bahkan, ditengah maraknya berdiri minimarket dan supermarket nyatanya masyarakat masih ramai memadati warung kelontong sampai saat ini. 

Warung Kelontong & Peluang Usahanya 

Warung kelontong adalah toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti peralatan dan kebutuhan rumah tangga, yaitu beras, bumbu dapur, peralatan mandi, sabun mencuci pakaian, pembersih rumah, dan lain sebagainya. Menemukan warung kelontong tentunya tidaklah sulit, justru warung kelontong masih memadati di daerah sekitarmu bukan.

Warung kelontong ini awalnya lahir dari kaum Tionghoa yang berjualan secara keliling, menggunakan alat kelentung yang berbunyi “klontong… klontong” untuk menarik para pelanggan. Nah, namun saat ini justu warung kelontong tidak berkeliling menjajakan barang jualannya. Para pedagang warung kelontong pada saat ini bisa memulai usaha warung kelontong di rumah lho.

Meskipun kemunculan minimarket di berbagai wilayah, nyatanya tidak serta-merta merugikan warung kelontongan. Faktanya, masih banyak masyarakat yang lebih senang berbelanja di toko atau warung kelontong daripada harus ke minimarket.

Selain dekat dari rumah, harga di warung kelontong juga terbilang lebih murah dibandingkan minimarket. Maka dari itu, masih ada peluang yang cukup besar, jika kamu ingin menjalankan usaha warung kelontong ini hanya dari rumah saja. 

Untuk memulai usaha modal warung kelontong ini terbilang cukup terjangkau. Kamu bisa memulainya dengan modal sedikit ataupun banyak tergantung dari keinginan variasi barang yang nantinya akan diperjual-belikan. 

Tips Usaha Warung Kelontong Agar Untung Terus

Namanya usaha bisnis tentunya harus melalui pertimbangan banyak hal, sama halnya dengan usaha warung kelontong ini juga ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar usaha warung kelontong untung terus.

1. Rencanakan Usaha
Apabila kamu ingin memulai bisnis, sekecil apapun bisnis yang ingin kamu jalankan tetap harus perku perencanaan matang. Begitu juga dengan memulai bisnis usaha warung kelontong ini. Meskipun kelihatannya sangat mudah, justru memulai usaha warung kelontong tidak bisa sembarang lho. Jangan sampai malah dikemudian hari terjadi penyesalan saat memulai usaha warung kelontong tanpa perencanaan yang matang.

Kamu bisa mempelajari bagaimana seluk beluk cara memulai usaha warung kelontong. Pastikan kamu sudah mengetahui hal apa saja yang perlu disiapkan saat memulai bisnis warung kelontong. Misalnya dimulai dari survei pasar, mencari supplier, menghitung modal, dan juga memikirkan tempat memulai usaha warung kelontong ini nantinya dimana. Apakah menyewa ruko atau memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah.  

2. ⁠Lakukan Riset Pasar
Setelah membuat perencaan secara matang dan rinci, kamu bisa melakukan riset pasar. Riset atau survei pasar bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peluang kamu untuk terjun di bisnis ini. Apakah kemungkinan tempat kamu memulai bisnis warung kelontong nantinya dekat dengan bisnis yang sama. Selain itu, melakukan riset pasar ini juga akan membantu kamu mengetahui siapa yang akan jadi target pasar untuk menjadi pembeli di bisnis warung kelontong. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apa saja kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang sekitar warung kelontong didirikan. 

Dengan melakukan riset pasar ini akan membantu kamu untuk memahami hal apa saja yang perlu dipertimbangkan kedepannya mengenai bisnismu.  Karena, hal sekecil apa pun yang sekiranya berpengaruh terhadap bisnis harus dipahami terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat menemukan solusi dan langkah terbaik untuk menyiasatinya jika dikemudian hari mengalami kesulitan. 

3. ⁠Menyediakan Produk Bervariasi dan lengkap
Biasanya pembeli akan sering mengunjungi warung kelontong yang menyediakan produk bervariasi dan lengkap. Pasti sangat membuang waktu jika pembeli harus membeli produk yang ingin dibeli namun ternyata produk yang dicari justru tidak ada dan harus mencari lain ke warung kelontong lainnya. Berikut contoh foto warung kelontong yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin memulai bisnis warung kelontong baik dari segi kelengkapan barang dan juga penataan yang membuat warung kelontong lebih menarik para pembeli. 

4. ⁠Memberikan pelayanan terbaik

Ingat kata pepatah “Pembeli adalah raja” sehingga saat kamu memiliki usaha warung kelontong ada baiknya selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para pembeli. Usahakan untuk selalu bersikap ramah dan menghargai pembeli yang datang. Jangan lupa untuk selalu menyapa pembeli yang datang mislanya seperti “Selamat datang, silakan berbelanja.” Dan jangan lupa ucapkan terima kasih setiap pembeli akan meninggalkan toko. 

Warung kelontong dengan variasi produk yang lengkap, keadaan warung bersih dan rapi, serta pelayanannya yang ramah pasti akan membuat pelanggan kembali dan senang berbelanja secara terus menerus di warung kelontong yang kamu punya. 

5. ⁠Atur Pembukuan dengan Teknologi yang Tepat
Nah, hal yang tak kalah penting saat memiliki warung kelontong adalah mengatur pembukuan. Transaksi sekecil apa pun yang di lakukan dalam bisnis Warung kelontong harus dicatat. Biasanya, pembukuan didokumentasikan dalam buku kas. Data di dalamnya akan memudahkan untuk memantau status keuangan warung kelontong. Apakah mengalami keuntungan atau kerugian. Selain itu, data pembukuan ini juga bisa menjadi acuan kamu untuk mengevaluasi strategi bisnis warung kelontong ke depannya.

Untungnya, dizaman serba canggih seperti sekarang ini telah hadir sebuah teknologi yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis warung kelontong agar selalu untung terus dan juga membantu mengelola warung kelontong secara efisien yaitu aplikasi kasir Android gratis yang bernama iReap POS.

Aplikasi Kasir iReap POS Untuk Pembukuan Warung Kelontong Lebih Mudah & Efisien


iReap POS



Aplikasi kasir iReap POS atau merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu pebisnis usaha seperti warung kelontong dan retail untuk mencatat penjualan agar operasional bisnis berjalan lebih efisien.Selain mencatat penjualan, iReap POS juga bisa digunakan sebagai aplikasi stok barang untuk warung kelontong lho. 

Aplikasi kasir android gratis



Aplikasi kasir iReap POS ini dapat digunakan dalam usaha, antara lain:
1.Warung makan, cafe, restoran
2. Ritel warung, warung kelontong
3. Fashion, butik pakaian, sepatu, kacamata
4. Profesional services
5. Distribusi
5. Salon, barbershop, bengkel
6. Klinik dan spa

Aplikasi kasir iReap ini ada dua yaitu iReap Lite dan iReap Pro. Aplikasi iReap Lite dapat digunakan secara gratis tanpa batasan, mendapatkan master data, transaksi, dan tanpa iklan. Digunakan untuk bisnis skala mikro. Fitur yang tersedia yaitu kasir/ Point of Sale, Stok/ Investory, dan Harga Pokok Penjualan.

aplikasi POS


Sedangkan fitur aplikasi POS pro memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi lite. Untuk iReap POS pro ini dikenakan biaya bulanan sebesar Rp 41.667. Kamu bisa mencoba terlebih dadulu secara gratis selama 14 hari. Bisa digunakan untuk bisnis skala kecil hingga menengah. Selain fitur di atas, tersedia juga fitur transfer antar barang, resep/ produk set, piutang dan penerimaan barang, absensi karyawan, dan biaya-biaya toko. 

Dengan menggunakan aplikasi kasir android ini, pemilik warung kelontong bisa mendapatkan catatan transaksi dan memantau stok barang secara real time. Oh iya, aplikasi iReap POS bisa di unduh melalui Playstore ya. 

Nah, cukup mudah digunakan ya untuk aplikasi kasir android iReap POS ini. Dengan fiturnya yang lengkap, tentunya tidak perlu bingung bagaimana mengatur pembukuan usaha warung kelontong kedepannya agar berjalan untung terus. Yuk, para pebisnis yang ingin memulai atau sudah memiliki usaha warung kelontong bisa manfaatkan teknologi ini agar usaha warung kelontong berjalan secara efisien dan semakin berkembang kedepannya. 


Related Posts

There is no other posts in this category.

11 comments

  1. asik banget sih ini, adanya aplikasi kasir online. Zaman dahulu, mana tahu kaya beginian hahaha. misalkan keuntungan berapa, sisa stok cuma liat secara manual. Eh sekarang udah bisa dipantau melalui aplikasi dari Ireap Pos yaa

    ReplyDelete
  2. Makasih kak tipsnya, sangat membantu sekali untuk yang mau memulai bisnis warung kelontong

    ReplyDelete
  3. Baru tau ternyata warung kelontong zaman dulu malah berkeliling ya. Sangat berbeda dengan zaman sekarang.

    ReplyDelete
  4. Jujur, saya juga masih suka belanja di warung kelontong sih. Selain karena masih rame interaksi antara penjual dan pembeli. Saya juga senang membantu bisnis kecil-kecilan di dekat rumah saya yaitu warung kelontong.

    ReplyDelete
  5. Menarik ya fitur aplikasi POS pro ini untuk digunakan yang punya usaha toko kelontong. Dengan berbagai kelebihan fitur ini, pasti akan sangat membantu sih

    ReplyDelete
  6. Sebuah teknologi untuk memudahkan yang punya usaha warung kelontong ya ini. Untuk biaya layanannya juga terjangkau ya.

    ReplyDelete
  7. Wah jadi penasaran mau coba fitur "kasir"nya seperti apa. Bisa dicoba-coba dulu ya meskipun belum punya toko 😅

    ReplyDelete
  8. Wahhh jadi pengen buka bisnis toko kelontong juga, sangat membantu banget ya dengan memanfaatkan teknologi yang ada menjadi lebih efisien 😁

    ReplyDelete
  9. Makasih banyak tipsnya sangat berguna, kebetulan keluarga saya juga ada yang punya toko kelontong nih bisa nanti saya sarankan coba aplikasi kasir yang satu ini.

    ReplyDelete
  10. Punya toko kelontong ini cita cita aku dari zaman dulu, asik aja gitu jaga toko punya sendiri hahah, terus ternyata ada juga yaa di aplikasi Ireap Pos ini bagian kasir. Lumayan bisa menghandle pemasukan

    ReplyDelete
  11. toko kelontong ini memang masih menjadi pilihan usaha yang menguntungkan ya di tengah banyaknya minimarket yang bermunculan. Karena memang kebutuhan sehari-hari ini pasti dibeli masyarakat apalagi kalau harganya bisa bersaing auto laris manis deh

    ReplyDelete

Post a Comment