Cara Memilih Pakan Burung Berkicau Berkualitas

Post a Comment
Konten [Tampil]

Siapa nih yang punya hobi memelihara burung berkicau? Jadi teringat dulu waktu kecil ayahku senang sekali memelihara burung, salah satunya adalah jenis burung berkicau ini. Waktu itu yang dipelihara burung berkicau jenis burung beo dan nuri. Pokoknya kalau lihat mereka berkicau pagi-pagi asik banget deh dengerinnya. Ngomongin soal burung berkicau ternyata memelihara burung berkicau ini bukan hanya sebagai hobi lho, melainkan juga bisa menjadi sumber pendapatan. Pantes saja orang-orang yang memelihara burung berkicau akan memperlakukan burung tersebut seperti anaknya sendiri. Biasanya sih burung berkicau ini kalau semakin suaranya merdu maka akan dihargai sangat tinggi. Selain itu, kalau diikutkan lomba kontes burung berkicau bakalan berkesempatan menang sih. 

Dibalik itu semua, ternyata kalau memelihara burung berkicau ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah memilih pakan burung berkicau yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting. Karena, jika kualitas pakan rendah atau buruk bisa berakibat pada tingginya tingkat kerentanan terhadap penyakit, terganggunya pertumbuhan, hingga hilangnya gairah atau semangat burung dan juga berakibat pada tingkat kemerduan suara burung berkicau ini. 


Cara Memilih Pakan Burung Berkicau Berkualitas



Bagaimana sih cara memilih pakan burung berkicau yang berkualitas? Berikut cara memilih pakan burung berkicau yang berkualitas, yaitu:


1. Kenali Jenis Burung 

Sebelum memilih pakan, identifikasi jenis burung yang kamu pelihara terlebih dahulu nih. Setiap jenis burung memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Misalnya, kenari memerlukan biji-bijian dengan kadar lemak yang tinggi, sementara lovebird lebih suka buah-buahan. Jadi, kalau memberikan pakan burung berkicau emang tidak bisa asal-asalan ya. 


2. Perhatikan Komposisi Nutrisi

Saat memilih pakan burung berkicau yang berkualitas kamu bisa membaca label pakan burung dengan cermat. Pastikan pakan tersebut mengandung nutrisi yang sesuai untuk jenis burung. Komposisi yang baik biasanya mencakup biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein tentunya. 


3. Pilih Pakan yang Segar

Pakan burung berkicau berkualitas harus segar dan bebas dari debu atau kotoran. Pastikan tidak ada bau yang tidak wajar, yang bisa menjadi tanda pakan telah kadaluwarsa atau terkontaminasi.


4. Pertimbangkan Vitamin dan Mineral Tambahan

Pakan burung berkicau yang berkualitas seringkali diperkaya dengan vitamin dan mineral tambahan. Ini dapat membantu menjaga kesehatan burung yang kamu pelihara dan memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup lho!


5. Konsultasikan dengan Ahli

Jika kamu tidak yakin tentang jenis pakan yang tepat untuk burung berkicau, konsultasikan dengan seorang ahli burung atau dokter hewan. Mereka dapat memberikan panduan khusus sesuai dengan kebutuhan burung yang kamu pelihara.



Memilih Produsen dan Distributor Pakan Burung Berkicau Yang Berkualitas


Memiliki peliharaan burung berkicau ternyata tidak main-main ya begitupun dengan pemilihan produsen atau distributor untuk pakan burung berkicau yang berkualitas. Tenang saja, kamu bisa membeli pakan burung berkicau yang berkualitas melalui website Cppetindo yang merupakan produsen dan distributor pakan yang percaya bahwa hewan kesayangan pet pals yang sehat adalah hewan kesayangan yang bahagia.


Nah, dengan memilih produsen dan distributor pakan burung berkicau yang berkualitas serta merawat burung berkicau dengan baik, kamu dapat memastikan bahwa mereka tetap sehat, bahagia, dan bisa berkicau dengan indah setiap hari.  


Oh iya, selain memilih pakan berkualitas, pastikan kamu memberikan makanan dengan teratur dan tidak berlebihan. Jangan biarkan pakan basah atau kotor di kandang burung ya karena ini salah satu hal agar kandang burung berkicau tetap terjaga bersih. Nah, kalau kamu yang pernah punya peliharaan burung berkicau apa saja sih tips memelihara burung berkicau agar tetap sehat dan memiliki suara yang merdu? Share dikolom komentar ya.




Related Posts

Post a Comment