Tips Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

10 comments
Konten [Tampil]
Ide bisnis rumahan


Menjadi ibu rumah tangga yang terkadang mikirnya cuma sibuk ngurusin anak dan suami rasanya jadi hal yang membosankan. Sekali-kali pengen mengejar mimpi diluar sana dan memulai untuk berkarir. Namun, sebagai ibu yang baru saja memilki anak tetap saja mau keluar rumah malah kepikiran nggak mau ninggalin anak. Siapa yang relate? Untungnya dizaman serba digital seperti sekarang ini bagi ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja dari rumah dan  mendapatkan penghasilan hanya dengan memulai bisnis rumahan


Tips Memulai Bisnis Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Bisnis rumahan modal kecil


Jika kamu salah satu ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis rumahan dan bingung mau memulai dari mana. Berikut beberapa tips memulai bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga. 

1. Mulai Berbisnis Online

Selama menjadi ibu rumah tangga yang terkadang bingung mau kerja keluar rumah tapi takut ninggalin anak adalah salah satu problem yang sering dihadapi. Disisi lain juga pengen jadi ibu rumah tangga yang berpenghasilan. Nah, jangan khawatir ya ibu rumah tangga tetap bisa kok mendapatkan penghasilan hanya dari rumah. Bisa dengan cara memulai bisnis dengan cara berbisnis online hanya dari rumah saja. Meski kelihatannya akan merepotkan namun justru solusi bisnis online ini adalah bisnis yang paling tepat untuk dipilih bagi para ibu rumah tangga. Selain, keuntungannya tidak perlu keluar rumah bisnis online ini tidak perlu modal besar dan biaya operasional yang sangat murah. 

2. Pilih pangsa pasar

Untuk memulai Bisnis rumahan yang menjanjikan kamu bisa memilih pangsa pasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Misal, pangsa pasar yang ingin kamu pilih adalah ibu-ibu yang memiliki anak berumur bayi sampai dengan balita. Nah, peluang ide bisnis rumahan yang bisa dipilih misal berjualan perlengkapan anak mulai dari pakaian, mainan edukasi anak, atau bahkan buku-buku anak. 

3. Mencari distributor terpercaya

Bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis rumahan modal kecil bisa memilih untuk menjual dagangan orang lain atau menjadi reseller maupun dropshipper. Nah, kamu bisa mencari distributor yang terpercaya ya. Dengan mendapatkan distributor terpercaya maka terhindar dari segala bentuk penipuan. Selain itu, pastikan kamu mendapatkan barang dari supplier pertama. Ini bisa membantu kamu memberikan keuntungan yang lebih besar tanpa harus menaikkan harga terlalu tinggi. 

4. Rajin promosi produk

Hal yang terpenting orang tau bahwa kamu punya bisnis online adalah rajin promosi produk yang kamu jual. Kalau gak promosi gimana orang tau bahwa kamu punya jualan kan? Nah, kamu bisa mempromosikan produk yang dijual melalui media sosial seperti instagram, facebook, whatsapp dan yang lainnya. Agar produk jualanmu menarik pembeli, kamu juga bisa menbuat konten foto atau video dengan semenarik mungkin agar orang-orang penasaran dengan produk yang kamu jual. 

5. Pilih platform e-commerce yang tepat

Saat kamu memulai untuk bisnis online kamu bisa mencoba untuk memilih platform e-commerce untuk memasarkan produkmu. Sebenarnya kamu bisa saja membuat website sendiri. Namun, ada baiknya bagi pemula yang ingin memulai bisnis agar tidak terlalu banyak modal yang dikeluarkan maka bisa memilih untuk berjualan melalui e-commerce yang sudah besar sekarang ini.

Ide bisnis rumahan bagi Ibu Rumah Tangga

bisnis rumahan yang menjanjikan

Meskipun berada dirumah, berikut ini ide bisnis rumahan untuk bisnis ibu rumah tangga yang banyak dilakukan untuk menambah penghasilan namun dengan modal kecil dan tentunya menjadi peluang usaha yang menjanjikan

1. Menjadi penulis freelance

Menjadi penulis freelance adalah salah satu pilihan ide bisnis bagi ibu rumah tangga yang paling simpel menurutku. Karena, ini adalah salah satu hal yang aku jalankan selama ini. Apalagi saat ini orang-orang sudah mulai melek dengan kehadiran penulis untuk diberbagai platform salah satunya untuk kebutuhan iklan barang maupun jasa. Nah, buat ibu rumah tangga yang memilki keahlian dalam menulis ini wajib banget untuk menekuni bisnis sebagai penulis freelance. Bagaimana, apakah tertarik untuk menjadikan keahlian menulis sebagai usaha untuk ibu rumah tangga? Terlebih, usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini tidak membutuhkan banyak modal dan bisa dikerjakan dimana saja kapanpun dan dimanapun. 

2. Buka usaha catering

Siapa yang senang ngubek-ngubek dapur? Nah, bagi ibu rumah tangga yang senang masak bisa memilih bisnis rumahan dengan membuka usaha catering ini lho. Hanya dengan menyediakan sajian menu makanan berat untuk kebutuhan prasmanan seperti paket nasi box, kue kering, kue basah dan lain-lain yang banyak diperlukan orang lain dan juga perbanyak promosi mengenai  menu andalan yang disediakan. Selain itu, buka usaha catering ini justru tidak perlu repot untuk menyewa tempat restoran. Hal yang terpenting saat memilki usaha catering adalah perbanyak promosi dan perbanyak menjalin relasi dengan para client maupun supplier bahan baku. 

3. Usaha kerajinan tangan

Bisnis rumahan yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga sekarang salah satunya adalah usaha kerajinan tangan. Nah salah satunya adalah tas crochet. Meskipun banyak bertebaran produk tas dengan desain mewah dan harga mahal saat ini siapa sangka justru model tas crochet masih diminati lho. Selain unik, tas crochet yang dibuat dengan kerajinan tangan justru punya nilai lebih sehingga masih banyak peminatnya. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan tidak ada salahnya mencoba usaha yang satu ini. Usaha kerajinan tangan ini juga salah satu Bisnis rumahan modal kecil yang bisa dicoba dan hanya perlu modal kreativitas yang dimiliki. 

4. Jualan bumbu siap pakai

Tau gak sih kalau ibu-ibu itu kalau masak pengennya sat-sat-set dan cepat selesai. Nah, bagi ibu rumah tangga yang punya keahlian membuat bumbu siap pakai bisa dicoba nih ide bisnis rumahan yang satu ini. Karena, usaha yang satu ini masih belum banyak saingannya sih. Tentu saja, pangsa pasar untuk bumbu siap pakai ini bisa dipasarkan kepada ibu-ibu pekerja ataupun ibu rumah tangga sendiri. Dengan adanya bumbu siap pakai ini pasti akan mempermudah proses memasak dan juga mempersingkat waktu tentunya. 

5. Menjadi Dropshipper

Siapa sih yang tak kenal dengan usaha dropshipper ini? Salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan dan juga tidak perlu banyak modal. Biasanya usaha dropshipper merupakan usaha yang membuat kamu berperan sebagai pihak ketiga. Kamu hanya perlu memasarkan produk dengan foto-foto produk di akun media sosial atau marketplace dan menunggu pesanan datang. Nah saat ada pesanan, kamu tinggal menyampaikannya kepada supplier. Sistem ini hampir sama seperti reseller, hanya saja dropshipper tidak perlu mengambil barang dari supplier. Semua urusan stok barang, pengemasan, dan pengiriman, semuanya akan menjadi urusan supplier. Mudah bangetkan? Kamu sebagai dropshipper cuma memastikan pesanan konsumen sudah tepat dan pesanan sampai dengan selamat kepada konsumen. 

Memulai Bisnis Rumahan Melalui E-commerce  Lazada 

Memulai bisnis ibu rumah tangga melalui Lazada


Nah ada banyak pilihan bisnis ibu rumah tangga yang bisa dipilih, bukan? siapa yang sekarang sudah tertarik untuk memulai bisnis rumahan hanya dari rumah. Tenang saja, dizaman serba teknologi seperti sekarang ada banyak e-commerce yang bis amendukung untuk ibu rumah tanngga memulai bisnis rumahan salah satunya adalah Lazada. Siapa sih yang tak kenal Lazada ? Lazada merupakan salah satu platform e-commerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia lho. Platform Lazada ini sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis rumahan.

Nah, untuk memulai bisnis melalui e-commerce Lazada salah satunya adalah dengan cara mendaftar menjadi seller di Lazada terlebih dahulu. Pendaftaran sangat mudah kok! Berikut langkah-langkah untuk cara jualan di Lazada, yaitu:

1. Siapkan Nomor HP untuk verifikasi kode OTP dan Alamat Email, lalu daftar menjadi seller melalui website sellercenter.lazada.co.id menggunakan browser.

2. Unggah dokumen yang dibutuhkan. KTP untuk seller perorangan atau NIB untuk korporasi/distributor resmi, dan dokumen Bank atas nama seller.

3. Unggah minimal 1 Produk yang dijual dan tunggu pesanan dari pelanggan. 

Manfaat Artikel dan Tips di Situs Yuk Jualan Online 

Kamu juga bisa memanfaatkan artikel yang ada di situs Yuk Jualan Online yang merupakan konten edukasi dari Lazada nih untuk menemukan tips dan strategi bisnis jualan online yang bermanfaat. Ada beberapa manfaat yang aku rasakan setelah membaca artikel di situs Yuk Jualan Online, yaitu:

1. Mendapatkan informasi mengenai tren baru bisnis dan dunia e-commerce.

2. Mengetahui pengetahuan tentang istilah yang digunakan dalam bisnis online.

3. Mendapatkan tips agar bisnis online semakin berkembang dan banyak mendapatkan konsumen.

Situs Yuk Jualan Online untuk bisnis rumahan yang menjanjikan

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mulai bisnis rumahan dengan Lazada. Tunggu apalagi nih buat ibu rumah tangga yang pengen punya penghasilan cuss buruan langsung gabung aja! 





Related Posts

10 comments

  1. Pas banget baca artikel ini lagi mikir pengen mulai jalanin usaha online. Praktis juga ya jualan di Lazada. Ini beneran cuma butuh data KTP kah? Ga perlu NPWP?

    ReplyDelete
  2. Bisnis rumahan sekarang udah bisa tersebar di belahan dunia yaa, tidak perlu koar koar lagi, cukup manfatin teknologi yang ada. Salut sama lazada yang support bisnis rumahan kek gini

    ReplyDelete
  3. Wah, ada banyak referensi usaha untuk dijalankan ibu rumah tangga nih ya. Makasih ya mom idenya bisa diterapkan nih kalau bosan jadi ibu rumah tangga.

    ReplyDelete
  4. Ternayaa semudah itu yaaaa jadi seler di Lazada, cukup siapakan ktp untuk daftar

    ReplyDelete
  5. Jazakillah khairan mba untuk tipsnya. Bermanfaat banget. Selama ini buka di shopee doang, sepertinya bagus nih buka di lazada juga

    ReplyDelete
  6. Kebetulan nih mamak anak 2,, mulai bosan dgn kegiatan yg itu itu aja tnpa ada pemasukan, bismillah pengen coba bisnis rumahan

    ReplyDelete
  7. Sekarang banyak tempat buat dapetin cuan ya, asal mau belajar aja :)

    ReplyDelete
  8. Sebagai ibu rumah tangga, abis baca ini aku jadi pengen jualan online jugaaaa. Mulai jualan di Lazada kayanya juga oke ya Kak, banyak banget manfaat yang bisa kita dapetin sebagai seller baru yaaa

    ReplyDelete
  9. memang paling enak jadi dropshipper lewat lazada, gak perlu pakai modal gak perlu stok produk yang penting rajin promo dan cari pangsa pasar yang okee :)

    ReplyDelete
  10. Meskipun di rumah tapi ibu rumah tangga bisa tetep produktif ya. Apalagi jaman skg makin dipermudah juga jalannya. Tinggal niat dan konsisten aja sama diri sendiri.

    ReplyDelete

Post a Comment